Air Terjun Bertingkat, Kedung Kandang, Gunung Kidul, Jogja

Air terjun Kedung Kandang berada di kawasan Gunung Butak, Dusun Nglanggeran, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, D. I. Yogyakarta. Air terjun Kedung Kandang sendiri merupakan air terjun setinggi kurang lebih 25 meter yang memiliki keunikan berupa kontur yang bertingkat-tingkat.  Air terjun ini yang terletak di sebelah selatan kaki bukit Gunung Api Purba Nglanggeran.
Air Terjun Bertingkat, Kedung Kandang, Gunung Kidul, Jogja
Foto by diasporaiqbal.blogspot.com
Disebut Air Terjun Bertingkat atau Kedung Kandang karena tingkatan-tingkatan batuan yang mengondisikan air bercucuran dari atas ke bawah seperti akar. Kira-kira ada lebih sepuluh tingkatan batuan pada air terjun ini. Di sekeliling air terjun, ada pemandangan yang asri berupa sawah-sawah bertingkat. 

Harga Tiket Masuk :
10.000 (2 orang 1 motor parkir) 

Cara menuju ke Air Terjun Kedung Kandang :
Dari pertigaan Desa Nglanggeran lurus ke arah Desa Putat. Sesampai di Desa Putat ada pertigaan yang menikung, belok kanan ambil jalan Makadam. Tak jauh dari situ, Kedung Kandang sudah bisa dilihat dari kejauhan.
atau
Dari arah pintu masuk Embung Nglanggeran, kita hanya perlu berjalan beberapa ratus meter ke selatan mengikuti jalan aspal hingga menemukan plakat resmi penunjuk jalan.
Foto by @tisaarsanaa
Tips :
Air terjun Kedung Kandang merupakan air terjun musiman. Oleh karena itu sebaiknya datang saat musim penghujan atau peralihan musim penghujan ke musim kemarau. Saat musim kemarau, Kedung Kandang mungkin akan kering.

Fasilitas : 
Tempat Parkir, Warung Makanan dan Minuman

Previous
Next Post »